Hulubot.com-Transportasi di atas rel tercepat di dunia saat ini dipegang oleh kereta api China Shanghai Maglev dengan kecepatan mencapai 431 km per jam.kini mereka harus siap bersaing dengan Negara tetangga,Jepang tak mau kalah.Negeri Shakura ini bersiap pecahkan rekor dunia di bidang perkereta-apian dunia.
500 km per jam !!! Inilah mimpi Jepang menciptakan kereta api tercepat di dunia.bandingkan dengan mobil sport Formula 1 yang maksimal hanya 412 km per jam.Dilansir dari Live Science,Jepang saat ini sudah mulai membangun jalur utk kereta api itu.rencananya,kereta api tercepat ini akan mengantarkan penumpang dari Tokyo ke Nagoya dalam waktu 7 menit saja.
Kereta api di China dan jepang bisa memiliki kecepatan super karena di bangun dengan teknologi levitasi magnetik (maglev).sebelum kita mengenal lebih jauh tentang maglev,layak diketahui sebenarnya China telah mengembangkan kereta api tercepat di dunia lainnya.pembuatannya dimulai pada tahun 2010 lalu.kereta api listrik yang memiliki nama CRH380A digadang-gadang mampu mencapai kecepatan 302 mil per jam,setara 486 km per jam.atau sekitar 380 km per jam.
Di posisi kedua,bertengger kereta api milik Prancis yang memiliki nama TGV (Train a Grande Vitesse).kereta api ini memiliki kecepatan maksimal 357,2 mil per jam atau sekitar 574,9 km per jam.
Kereta Maglev
Maglev,akronim dari MAGnetically LEVitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis, atau mudahnya kita sebut kereta api magnet. Prinsip kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor induksi.
Maglev,akronim dari MAGnetically LEVitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis, atau mudahnya kita sebut kereta api magnet. Prinsip kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor induksi.
magnet.fsu.edu |
Kereta Maglev mengambang kurang lebih 10mm di atas rel magnetiknya.
Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan
mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta.
Lalu, apa sisi positif dan negatif teknologi maglev? Kelebihan utama dari kereta ini adalah kemampuannya yang bisa melayang di atas rel, sehingga tidak menimbulkan gesekan. Konsekuensinya, secara teoritis tidak akan ada penggantian rel atau roda kereta karena tidak akan ada yang aus (biaya perawatan dapat dihemat). Keuntungan sampingan lainnya adalah tidak ada gaya resistansi akibat gesekan. Gaya resistansi udara tentunya masih ada. Untuk itu dikembangkan lagi Kereta Maglev yang lebih aerodinamis.
Lalu, apa sisi positif dan negatif teknologi maglev? Kelebihan utama dari kereta ini adalah kemampuannya yang bisa melayang di atas rel, sehingga tidak menimbulkan gesekan. Konsekuensinya, secara teoritis tidak akan ada penggantian rel atau roda kereta karena tidak akan ada yang aus (biaya perawatan dapat dihemat). Keuntungan sampingan lainnya adalah tidak ada gaya resistansi akibat gesekan. Gaya resistansi udara tentunya masih ada. Untuk itu dikembangkan lagi Kereta Maglev yang lebih aerodinamis.
Jadi, bila saat ini diterapkan di Indonesia tentu harus membangun jalur khusus. Contoh, jarak Jakarta - Surabaya sekitar 700 km bila menggunakan kereta Maglev kurang dari 2 jam. Namun jalur sepanjang itu saat ini masih melalui pemukiman. Selain berbahaya bila terjadi kecelakaan, suaranya yang sekeras jet tentu amat mengganggu. Karena itu, kita cukup bermimpi saja sekarang, ya...